Manajemen Online – Jurusan Manajemen FEBI UIN Alauddin Makassar melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat bertajuk “ Strategi Pemasaran Berbasis Digital Untuk Pelaku UMKM” kegiatan ini berlangsung selama dua hari di Desa Ara Kab. Bulu Kumba Jumat,24 Mei 2024.
Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarat Desa Ara. Terkhusus untuk pelaku pelaku UMKM terkait cara memasarkan produk dengan pemanfatan teknologi digital.
Kegiatan ini menghadirkan ketua TDA bulukumba selaku narasumber utama, Tahrir Nur Hidayat juga selaku Owner Banana paper.
Tahrir menyoroti pentingnya saat ini bagi UMKM memanfaatkan potensi digital marketing untuk mengatasi keterbatasan sumberdaya dan memperluas pemasaran melalui penggunaan strategi digital yang efektif.
“UMKM dapat memperluas jangkauan bisnis mereka, meningkatkan penjualan, dan membangun hubungan yang lebih dekat dengan pelanggan. Oleh karena itu, penggunaan digital marking perlu dimaksimalkan oleh semua pelaku UMKM” terangnya.
“Berikut beberapa strategi digital marketing yang dapat digunakan oleh UMKM diantaranya : mengoptimalkan webasite, pemanfatan media social, konten pemasaran,dan menggunakan teknik CEO” sambungnya.
Turut menjadi narasumber internal, Hj. Nurmiati MM juga memaparkan materi mengenai pengelolaan Sumber Daya Manusia pada manajemen usaha kecil. Dalam pemaparannya, karyawan merupakan aset penting dalam dunia usaha yang tidak menlihat besar tidaknya usaha tersebut.
Kegiatan Ini dimoderasi oleh bapak Wahyudi ,SE.,MM Dosen Manajemen.
Penulis : Amir