Manajemen Online – Jursan Manajemen UIN Alauddin Makassar melaksankan Rapat Evaluasi dan Distribusi Matakuliah juga disertai Sosialisasi Hasil Tracer Study dan Survey Kepuasan Pengguna Lulusan. Kegiatan ini bertempat di Ruang Jurusan Manajemen Selasa, (2/13,2024).
Rapat yang dihadiri oleh Ketua ,Sekertaris, Dosen, dan Staf Jurusan manajemen ini bertujuan untuk melakukan evaluasi penerapan program kerja semester ganjil 2023 dan pembagian mata kuliah binaan terhadap dosen sesuai rumpun keilmuannya secara adil dan merata.
Selanjutnya, rapat ini juga membahas terkait sosialisasi Hasil Tracer Study dan Survey Kepuasan Pengguna Lulusan.
Ketua Jurusan Manajemen Dr. Hj. Eka Suhartini , SE.,MM Menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh dosen dan staf Jurusan Manajemen yang sudah meluangkan waktunya hadir dalam agenda rapat ini.
“ Terima Kasih banyak atas kehadiran kita semua di ruangan Jurusan Manajemen. Mari kita mempersiapkan RPS, Modul Pembelajaran serta perangkat pendukung pembelajaran lainnya. Selanjutnya kita akan terus melakukan evaluasi kinerja dan strategi peningkatan kualitas menuju akreditasi unggul 2025” ujarnya.
Dr. Hj. Rika Dwi Ayu Parmitasari, SE.,Mcomm selaku dosen manajemen memberi masukan terkait kualitas dan kuantitas sistem maupun program – program kerja harus dijaga bersamaan.
“ Silahkan membuat sistem dan mekanisme yang berstandar, namun tetap menjaga kualitas dan kuantitasnya”, Ujarnya.
Disamping itu, sekertaris Jurusan Manajemen Miftha Farild, SE.,MM berbicara terkait Survei kepuasan pengguna lulusan yaitu evaluasi yang dilakukan oleh institusi terhadap pengguna lulusan institusi tersebut, dalam hal ini adalah Program Studi Jurusan Manajemen .
“ Tingkat kepuasan yang tinggi dari pengguna lulusan merupakan salah satu indikator keberhasilan dari proses pendidikan yang telah dilakukan oleh Jurusan Manajemen . Hasil dari proses pendidikan yang baik tentu akan menghasilkan lulusan yang berkompeten dan berkarakter atau dalam artian memiliki keseimbangan antara softskill dan hardskill” jelasnya.
“ Terlebih lagi survei kepuasan pengguna ini sangat dibutuhkan dalam proses akreditasi pada sebuah institusi. misal dalam aspek penilaian employer reputation maupun perbaikan keseluruhan dari proses pendidikan baik kurikulum, arah pengembangan institusi dan pembinaan softskill mahasiswa” sambungnya.
Penulis : AMir