Pandemi Belum Usai: Lanjutan Program CKCK bersama karang taruna dan IKA Manajemen

  • 29 November 2020
  • 05:11 WITA
  • Administrator
  • Berita

Corona Virus Disease (Covid-19) bukan menjadi halangan Bagi Program Studi manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Alauddin Makassar dalam menunaikan tanggung jawabnya sebagai lembaga pendidik yang senantiasa menjunjung tinggi tridarma Perguruan Tinggi, salah satu kewajiban yang telah ditunaikan yaitu Pengabdian Kepada Masyarakat bekerjasama dengan Ikatan Keluarga Alumni Manajemen (IKAMAN), mahasiswa prodi Manajemen dan organisasi Karangtaruna Samata pada Program  CKCK Sepuluh Ribu.

Program CKCK Sepuluh Ribu merupakan simbolis Gotong Royong dalam membantu Masyarakat, seperti kaum duafa, rumah tahfidz, dan Rumah Ibadah yang Membutuhkan Uluran Tangan kita. Kegiatan donasi Quran ini merupakan kegiatan ke 3 yang sudah dilakukan prodi Manajemen bersama kelurahan Samata dan Karang Tarunannya. Melalui Program CKCK Sepuluh Ribu ini sudah menjadi Kegiatan Rutin yang saat ini sudah menjadi kegiatan Ke-5 dengan Mengangkat Tema “Wakaf Al-Quran” untuk membantu Beberapa Rumah Tahfidz di lingkup  samata yang penyerahannya dilakukan secara Simbolis di Mesjid Nurur Abrar Borong raukang Kel.Borong Raukang Kec Sombaopu Kab Gowa pada tanggal 28 November 2020.

Dalam menjalankan program CKCK Sepuluh Ribu ini, Program Studi Manajemen, IKAMAN dan Karangtaruna Samata, Mensosialisasikan kepada para dosen, Alumni dan masyarakat untuk dapat berpartisipasi dalam menyukseskan kegiatan tersebut dengan melalui Media Sosial (Facebook, WhatsApp, dll).  Salah satu bentuk partisipasi donator adalah Mendonasikan  Al-Qur’an, Juz amma dan Uang Tunai.

Dari program ini, terkumpul donasi Al-Qur’an kurang lebih sebanyak 129 buah yang diperoleh dari beberapa donatur langsung mapun dibeli dari uang hasil donasi Tersebut. Al-Qur’an dan Juz Amma ini akan disalurkan pada 5 rumah Tahfids yaitu Rumah Quran Ummu Syahidah, Darul Quran Sulaiman Al Makassari, Rumah Qur’an Dg. Badang, Tk/Tpa Darussalam, Rumah Mengaji Inaba dan Mesjid Nurul Abrar borong Raukang di Kelurahan Borong Raukang Kel. Samata Kec Somba Opu Kab Gowa.  

Dengan adanya program ini diharapkan rumah Tahfids mampu Wujudkan Generasi anak cinta Al-quran serta memberikan kesadaran masyarakat dalam mendorong anaknya senantiasa mempelajari alquran hingga mengurangi buta huruf alquran di masyarakat.

 

 

Penulis : Yogha dan Rusna