Adaptasi dengan Covid 19, Jurusan Manajemen Menerapkan Ujian Proposal dan Munaqasyah Online.

  • 07 April 2020
  • 12:00 WITA
  • Administrator
  • Berita

Menghadapi peningkatan kasus penderita Covid-19, Jurusan Manajemen melaksanakan kegiatan-kegiatannya dari rumah atas perintah dari pihak rektorat UIN Alauddin Makassar yang disampaikan melalui Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Kegiatan-kegiatan tersebut meliputi proses belajar mengajar, seminar, penelitian, dan ujian. Hal ini bertujuan untuk mencegah penyebaran virus corona yang saat ini mewabah diberbagai daerah terutama di Sulawesi Selatan.

Terkhusus pada ujian,  jurusan Manajemen baru-baru ini mengadakan ujian munaqasah yang dilaksanakan secara daring (online). Kegiatan ini dilaksanankan pada tanggal 7 April 2020 pukul 9.00 sampai selesai. Ujian ini menggunakan fasilitas WhatsApp (WA) video call yang menghubungkan 5 orang yang terdiri dari mahasiswa, dua orang pembimbing dan dua orang penguji. Hal ini cukup unik karena fasilitas WA biasanya hanya digunakan untuk menghubungi keluarga, kerabat, dan teman-teman yang situasinya non-formal. Tetapi karena situasi dan kondisi yang mengharuskan social distancing, fasilitas ini dipergunakan untuk kegiatan formal seperti munaqasyah.

Disaat yang bersamaan, pembukaan dan ujian proposal juga dilaksanakan secara daring. Kegiatan tersebut diselenggarakan dengan menggunakan aplikasi Zoom. Pembukaan yang dihadiri oleh Ketua Jurusan Manajemen, yaitu Ibu , Dr. Rika Dwi Ayu Parmitasari, S.E., M.Comm. yang membuka ujian proposal untuk beberapa mahasiswa. Mahasiswa yang mengikuti ujian proposal selanjutnya melaksanakan ujian proposal menggunakan aplikasi yang sama dengan fitur share screen. Fitur ini memudahkan mahasiswa untuk mempresentasikan proposalnya dihadapan para penguji dan pembimbing tanpa perlu bertatap muka secara langsung sehinga phisiscal distance dapat terjaga.

Penulis: Zandy Pratama