“SOSIALISASI PENGUATAN WIRAUSAHA SISWA BEBRBASIS KREATIF DI MTS/MA DARUSSALAM PANGKEP”

  • 09 Februari 2023
  • 07:45 WITA
  • Administrator
  • Berita

Untuk mendorong dan memberikan edukasi seputar bisnis kreatif  pada siswa Madrasah MTS/MA Darussalam Desa Anrong Appaka, Kec. Pangkajene, kab. Pangkep, Kamis (9 Februari 2023) maka Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam UIN Alauddin Makassar, bekerjasama Dengan Wanita Islam   mengadakan sosialisasi sebagai salah satu wujud tridharma perguruan tinggi yaitu Pengabdian Kepada Masyarakat dengan tema “Penguatan Wirausaha Siswa Berbasis Bisnis Kreatif”. Sosialisasi ini dibuka oleh Ketua Jurusan Manajemen DR. Hj. Rika Dwi Ayu Parmitasari, M.comm.

Selanjutnya Kegiatan ini dipandu oleh Rusdi Prayoga,SE.,MM selaku dosen Jurusan Manajemen lalu menghadirkan tiga narasumber yang Ahli di bidangnya masing-masing yaitu; Dr. Hj. Wahida Abdullah, S.Pd., M.Pd, Wahyudi SE.,MM, dan Hj. Eka Suhartini, SE.,MM.

Dr. Hj. Wahida Abdullah, S.Pd., M.Pd. sebagai narasumber pertama menjelaskan Bisnis dari segi Bahasa berasal dari akar kata Bahasa inggris bussy yang artinya sibuk. Sehingga seorang pebisnis harus mampu mangatur waktunya dengan baik dan disiplin di tengah kesibukannya sebagai pebisnis. Adapun bisnis menurut istilah tuturnya ialah serangkaian aktifitas yang dilakukan individu atau kelompok dengan menawarkan barang dan jasa untuk mendapatkan profit (keuntungan). Lanjutnya jika seorang pebisnis mau sukses harus cepat bangun pagi, memiliki etos kerja yang tinggi dan cerdas dalam melihat peluang sumberdaya alam daerah untuk dieksploitasi menjadi produk unggulan daerah. Misalkan diantaranya desa Anrong penghasil Telur bebek maka bisa diolah menjadi telur asin yang berkualitas. terang dosen Bahasa Arab ini.

Indikator pebisnis sukses yaitu memiliki perencanaan bisnis yang baik, memiliki kekuatan modal yang besar, investasi yang kuat serta proteksi keuagan perusahaan yang terjamin. Ungkap Wahyudi , SE.,MM selaku narasumber kedua. Apa yang dipaparkan oleh narasumber kedua terkait  pengelolaan keuangan harus menjadi pokus pelaku bisnis mengingat dalam pepata inggris  Cash Is The King ( uang adalah raja) tentu kas menjadi kekuatan utama dalam tumbuh kembangnya suatu bisnis.

Narasumber terakhir Hj. Eka Suhartini, SE.,MM memberikan ice breaking kepada siswa madrasah  sebelum menyampaikan materinya. sehingga suasana semakin ceria dan bergembira. Seorang pengusaha harus kreatif dan mampu berpikir di luar kebiasaan pada umumnya alias Thingking of the box mengingat persaingan bisnis atau usaha semakin ketat. Lanjutnya, itulah perbedaan antara pedagang dan pengusaha. Pedangang hanya memikirkan keuntungan semata. Pengusaha tidak hanya memikirkan keuntungan juga mampu memajukan dan mengembangkan usaha diantaranya melalui pendekatan kemitraan atau membangun relasi bisnis. Terang Hj. Eka Suhartini, SE.,MM

di awal acara sebelum kegiatan berlangsung Jurusan Manajemen melakukan penandatangan MoU bersama Yayasan Pendidikan Darrussalam Desa Anrong Appaka, Kec. Pangkajene, kab. Pangkep.

Penulis                       : Amir, SE., MM

WEB ADMIN              : Akhmad jafar, SE., MM

EDITOR                     : Dr. Ahmad Effendi, SE., MM

WEB DEVELOPER  : Fauziah Bakhtiar, SE., M