Malam Syukuran Akreditasi Manajemen dan Akuntansi

  • 10 Desember 2020
  • 02:54 WITA
  • Administrator
  • Berita

Samata 10 Desember 2020- Anggota Tim Borang Akreditasi prodi Manajemen, Akuntansi, Borang 3B dan Pejabat-pejabat dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) mendapatkan undangan dari Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar. Acara tersebut berupa Syukuran atas pencapaian Prodi Manajemen dan Akuntansi menjadi Program Studi (Prodi) Berakreditasi A dari Lembaga Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi. Acara ini diadakan pada Gedung Training Center dan Hotel UIN Alauddin Makassar pada tanggal 9 Desember 2020 pukul 19.00 sampai selesai.

Acara dimulai dengan acara makan malam yang diiringi oleh alunan musik dan lagu band Kota Makassar. Kemudian Acara hiburan, dimana Rektor UIN Alauddin dan pejabat FEBI menyumbangkan lagu untuk menghibur dan menghangatkan suasana malam syukuran Akreditasi Manajemen dan Akuntansi. Kemudian acara dilanjutkan dengan Sharing Session dimana Rektor, Wakil Rektor, Dekan FEBI, Ketua LPM UIN Alauddin, Wakil Dekan FEBI, Ketua LPM FEBI, Ketua Program Studi Manajemen dan Akuntansi saling berbagi rasa bangga dan haru serta pengalaman selama mengerjakan Borang. Kemudian diakhiri dengan sesi foto bersama.

Prof. Hamdan Juhanis, M.A., Ph.D., Rektor UIN Alauddin Makassar, memberikan apresiasi kepada berbagai pihak. Seperti Prof. Dr. Mardan, M.Ag. (Wakil Rektor II) yang membantu memonitor persiapan akreditasi tiap Program Studi di UIN Alauddin Makassar. Kemudian, Prof Dr Ahmad Abu Bakar M Ag. sebagai ketua LPM UIN Alauddin yang telah membantu dalam menjaga kualitas tiap Prodi agar dapat melayani para Mahasiswa dan Stakeholder, sekaligus siap untuk akreditasi. Selanjutnya Rektor juga menyampaikan apresiasi yang besar kepada Prof. Dr. H. Abustani Ilyas, M.Ag. (Dekan FEBI), beserta Wakil Dekan dari FEBI yang menjadi perpanjangan tangan dari Rektorat ke Prodi-prodi yang ada di FEBI. Dan tak lupa pula beliau menyampaikan rasa terima kasih kepada Ketua Prodi Manajemen, Ibu Rika Dwi Ayu Parmitasari, S.E., M.Comm, Ketua Prodi Akuntansi, Memen Suwandi, SE., M. Si. dan tim borang tiap Prodi.

Prof. Hamdan Juhanis, M.A., Ph.D. mengatakan bahwa “Pencapaian Akreditasi A ini merupakan Legitimasi UIN Layak Menjadi Universitas”. Beliau juga mengatakan bahwa “....Salah satu hal yang dapat dipelajari dari FEBI adalah kekompakan yang solid dari tiap element yang ada di dalamnya”.Beliau berharap hal ini dapat memotivasi seluruh Fakultas dan Prodi yang ada di UIN Alauddin Makassar.

Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Alauddin Makassar, Prof. Dr. H. Abustani Ilyas, M.Ag., juga berbagi rasa dan pengalaman pada malam syukuran tersebut. Beliau mengatakan bahwa “Tercapainya angka akreditasi (382 untuk Akuntansi dan 368 untuk Manajemen) yang fantastis ini tidak terlepas dari kebersamaan”. Beliau menambahkan “Hal ini tidak terlepas dari motivasi Pak Rektor untuk meningkatkan kualitas”. Beliau juga berterima kasih atas bantuan dan dukungan para Wakil Dekan, Ketua LPM UIN Alauddin, Ketua Prodi- prodi di FEBI, dan Tim Borang tiap Prodi. Beliau juga berharap dapat memperbaiki hal-hal yang dirasa dapat ditingkatkan dan perlu diperbaiki dimasa mendatang.

Kemudian, Ibu Rika Dwi Ayu Parmitasari, S.E., M.Comm. juga memberikan sepatah kata pada acara tersebut. Beliau mengatakan “semua ini diawali dengan niat yang baik [yaitu] mahasiswa dapat menikmati akreditasi tersebut. Beliau menegaskan bahwa dengan adanya akreditasi ini, mahasiswa dapat merasakan manfaat berupa kualitas pemberlajaran yang semakin baik dan kemudahan saat melamar pekerjaan. Beliau juga menyampaikan rasa bangganya sebagai bagian dari UIN Alauddin dengan Quote “I’m so proud to be UIN Alauddin member and I hope we can grow together”  

Penulis: Zandy Pratama