Seminar Practical Marketing Strategy in Pandemic: Solusi di saat ditengah wabah Covid 19

  • 12 Mei 2020
  • 12:00 WITA
  • Administrator
  • Berita

Pada hari Selasa 12 Mei 2020, 9:30 hingga selesai, Prodi Manajemen beserta PT. Nutrifood Indonesia menyelenggarakan kegiatan Webinar yang bertajuk Practical Marketing Strategy in Pandemic. Kegiatan yang disiarkan secara langsung pada Aplikasi Zoom dan Youtube yang merupakan kegiatan pertama kalinya dilakukan dalam ruang lingkup UIN Alauddin Makassar. Kegiatan ini di-Streaming lebih dari 100 peserta yang mengikuti kegiatan tersebut melalui dua Aplikasi tersebut.

Berbagai pihak hadir dalam kegiatan ini. Dimulai dari Prof. Dr. Abustani Ilyas, M.A. selaku Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI), Dr. Muhammad Wahyuddin Abdullah, S.E., M.Si selaku Wakil Dekan FEBI, Dr. Rika Dwi Ayu Parmitasari, S.E., M.Comm. sebagai Ketua Jurusan Manajemen FEBI,  M. Akil Rahman, S.E., M.Si. selaku Sekertaris Jurusan Manajemen FEBI, dan Bapak Nicholas Orlando sebagai Associate Manager Costumer Development PT. Nutrifood Indonesia. Acara ini juga dihadiri oleh oleh civitas akademika UIN Alauddin Makassar yang terdiri dari para dosen, mahasiswa, dan pegawai.

Seminar ini dibuka dengan sambutan Prof. Dr. Abustani Ilyas, M.A. selaku Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Kemudian Ibu Eka Suhartini, S.E., M.M selaku Host dari acara ini memberikan gambaran umum tentang materi seminar ini dan mempertkenalkan para pemateri. Selanjutnya, Bapak Nicholas Orlando dan M. Akil Rahman, S.E., M.Si. memaparkan materinya masing-masing. Setelah itu, kegiatan ini diakhiri dengan sesi tanya jawab dari peserta.  

Nicholas Orlando memaparkan materi mengenai kiat-kiat serta strategi perusahaan agar bisa survive pada saat pandemi. Beliau memaparkan budaya perusahaan, yaitu Nutrifood adalah rumah kedua para karyawan, manajer dan pimpinannya, yang menjadi salah satu kunci keberhasilan perusahaan tersebut untuk bertahan saat krisis ekonomi tahun 1998. Beliau juga memaparkan bahwa perusahan harus beradaptasi pada perubahan yang ada saat ini dalam bentuk adaptasi dengan perubahan paradigma konsumen terhadap produk yang dipasarkan, merancang dan mengubah proses distribusi, mereformasi tata cara pemasaran, dan hal-hal lainnya.

Kemudian Pak Akil Rahman, S.E., M.Si. membawakan materi mengenai Strategi Praktis Pemasaran di dalam Pandemi Covid 19. Beliau menjelaskan perkembangan paradigma marketing sejak Marketing 1.0 yang mengandalkan Personal Selling hingga 4.0 yang merupakan era Direct Marketing dan Digital Marketing. Beliau menyarankan kepada para pelaku usaha, utamanya UMKM, untuk mengubah metode pemasaran dari tatap muka menjadi digital. Hal ini dilaksanakan agar dapat memutus mata rantai penyebaran Covid 19 dan mempertahankan usaha selama Pandemi masih berlangsung.

Kemudian kegiatan ini ditutup dengan sesi taya jawab. Para dosen dan Mahasiswa ikut ambil bagian dalam sesi ini.

Penulis: Zandy Pratama