Tingkatkan Literasi Keuangan di Kalangan Generasi Z: Kolaborasi PkM Internasional FEBI UIN Alauddin Makassar dan Sekolah Indonesia Kuala Lumpur

  • 24 Mei 2023
  • 02:28 WITA
  • Administrator
  • Berita

Samata, 22 Mei 2023 - FEBI UIN Alauddin Makassar bekerjasama dengan Sekolah Indonesia Kuala Lumpur melaksanakan International University Community Engagement dengan mengusung tema “Sosialisasi Manifestasi Literasi Keuangan Syariah Islam di Kalangan Generasi Z” dilaksanakan hari Jum’at, 19 Mei 2023 dengan peserta terdiri dari siswa/i SD hingga SMA pada Sekolah Indonesia Kuala Lumpur.

Rombongan dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam dihadiri oleh Dekan, Wakil Dekan, Kepala Tata Usaha, dan Pimpinan Jurusan beserta perwakilan Dosen tiap jurusan mendapat sambutan hangat dari Kepala Sekolah Indonesia Kuala Lumpur Ibu Dr. Friny Napasti, S.Pd., M.Pd. bersama dengan jajarannya di ruang rapat Sekolah Indonesia Kuala Lumpur.

Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Bapak Prof. Dr. Abustani Ilyas, M.Ag menyampaikan ucapan terimakasih kepada Kepala SIKL telah menerima dan menyambut baik terlaksananya kegiatan PkM Internasional ini. Kepala SIKL Dr. Friny Napasti, S.Pd., M.Pd berharap UIN Alauddin Makassar utamanya FEBI memberikan kesempatan kepada mahasiswanya untuk melaksanakan program KKN/Magang di SIKL. Dekan FEBI UIN Alauddin Makassar merespon positif mengingat adanya kesempatan mahasiswa untuk memilih program belajar di luar kampus.

Pertemuan di ruang rapat diakhiri dengan penandatangan MoU dan penyerahan plakat antara Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam dan Kepala Sekolah Indonesia Kuala Lumpur.

Kegiatan PkM internasional berlanjut di lantai 2 ruang kelas SIKL dihadiri oleh Ketua Jurusan Manajemen, Kepala Bank Mini Syariah, Ketua Galeri Investasi Syariah dan beberapa Dosen Jurusan Manajemen dan peserta terdiri dari para siswa/i Sekolah Indonesia Kuala Lumpur. Narasumber pada kegiatan ini adalah Ketua Jurusan Manajemen Dr. Rika Dwi Ayu Parmitasari memberikan materi berkaitan dengan pentingnya literasi keuangan di kalangan Generasi Z.

Para siswa/i sangat antusias mengikuti kegiatan ini bahkan beberapa diantaranya mengajukan pertanyaan sehingga terbangun diskusi antara narasumber dan para siswa/i. Sesekali narasumber memberikan kuis kepada peserta untuk merespon dan menilai tingkat kedalaman materi yang telah diperoleh para siswa/i. Sebagai bentuk reward, prodi Manajemen memberikan hadiah bagi siswa/i yang aktif bertanya dan menjawab pertanyaan dari kuis yang diberikan narasumber.

Selain Jurusan Manajem kegiatan ini diikuti oleh 4 Jurusan yang ada di FEBI UIN Alauddin Makassar yaitu: Jurusan Akuntansi, Ekonomi Islam, Perbankan Syariah dan Ilmu Ekonomi juga turut serta terlibat dalam kegiatan PkM ini. Dihadiri oleh para pimpinan dan dosen dari keempat jurusan di FEBI. Narasumber dari Jurusan Akuntansi diwakili oleh Ibu Dr. Lince Bulutoding memberikan materi terkait manifestasi literasi keuangan islam di kalangan generasi Z. Narasumber dari Jurusan Ekonomi Islam Ibu Ayu Ruqayyah Yunus, M.E.I. juga turut serta memberikan materi terkait literasi dan inklusi pasar modal syariah. Prodi Perbankan Syariah dan Ilmu Ekonomi juga turut memberikan penguatan materi kepada siswa didik SIKL. Antusiasme siswa/i sangat terlihat saat mereka menyimak satu demi satu materi yang diberikan dari narasumber.

Bagian akhir dari kegiatan ini adalah berfoto bersama para Dosen, Narasumber dan siswa/i Sekolah Indonesia Kuala Lumpur. 


Penulis                      : Amir, SE., MM

WEB ADMIN             : Akhmad jafar, SE., MM

EDITOR                     : Dr. Ahmad Effendi, SE., MM

WEB DEVELOPER  : Fauziah Bakhtiar, SE., MM