KOLABORASI JURUSAN MANAJEMEN DAN JURUSAN EKONOMI ISLAM GELAR SEMINAR INTERNASIONAL “WELL BEING AND POVERTY IN MUSLIM WORLD”

  • 14 Maret 2023
  • 07:15 WITA
  • Administrator
  • Berita

Jurusan Manajemen berkolaborasi Jurusan Ekonomi Islam  Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam UIN Alauddin, Makassar Menggelar Seminar Internasional bertajuk “Well Being And Poverty In Muslim World’’ dan Penandatanganan Kerjasama (MOU) dengan University Malaysia Kelantan, Malaysia dan Institut Agama Islam TAZKIA Bogor, Indonesia.

“Tuhan menciptakan sesuatu dengan berpasang-pasangan termasuk ada kaya ada miskin, di Indonesia jumlah populasi penduduk 275 juta lebih  dan penduduk miskin sekitar 80%, Dan di antara pemicu bertambahnya kemiskinan di indonesia adalah kasus pandemi covid 19 dalam 3 tahun terakhir”. Kata Wakil Dekan II FEBI Dr. Hj. Rahmawati Muin HS.,S.Ag.,M.Ag. mengawal pembukaan seminar Internasional Jurusan Manajemen kolaborasi jurusan Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Alauddin Makassar, mengambil tema Well Being And Poverty In Muslim World” di Aula FEBI UIN Alauddin Makassar, Senin 13 Maret 2023.

Dr. H. Rahmawati melalui seminar ini, berharap kepada  para pelaku usaha  serta orang-orang yang terdampak krisis ekonomi global pasca pandemi harus bangkit dari  keterpurukan dan menerapkan kiat-kiat yang dipaparkan oleh seluruh narasumber  dalam mengentaskan kemiskinan, serta mendorong Lembaga-lembaga Syariah dan Perbankkan menciptakan kesejahteraan pada Masyarakat, dan bagi Mahasiswa akan menambah hasanah pengetahuan.” Ujarnya.

Seminar dipimpin oleh ketua Jurusan Manajemen Dr. Hj. Rika Dwi Ayu Parmitasari, SE, M. Com. Dan menghadirkan dua pembicara utama, yaitu Prof. Dr.Wan Ahmad Amir Zal dari  University Malaysia Klantan, Malaysia dan Bayu Taufik Possumah, Ph.D dari Institut Agama Islam TAZKIA Bogor, Indonesia.

Sedangkan pembicara lokal, yaitu Miftah Farild, SE.,MM UIN Alauddin Makassar Indonesia dan Dr. Parakkasi,MM UIN Alauddin Makassar Indonesia.

Isu kemiskinan global saat ini adalah isu kemiskinan dunia bukan merupakan musibah tetapi ini adalah ujian atau tantangan, Sejauh mana kita berkontribusi pada masyarakat islam dengan upaya-upaya atau strategi  khusus dalam mengentaskan kemiskinan. Pungkas Prof. Dr. Wan Ahmad Amir Zal selaku Narasumber utama.

Ia menambahkan dalam islam ada rukun islam di antara rukun islam adalah membayar zakat. Pemerintah Malaysia mengelola zakat secara professional dengan system  corporate sehingga pemerintah  Malaysia mendirikan Pusat Pungut Zakat (PPZ) sejak Tahun 1991 Sebagai salah satu upaya dalam mengentaskan kemiskinan dan mewujudkan masyarakat yang sejahtera. Terangnya.

Penulis                       : Amir, SE., MM

WEB ADMIN              : Akhmad jafar, SE., MM

EDITOR                     : Dr. Ahmad Effendi, SE., MM

WEB DEVELOPER  : Fauziah Bakhtiar, SE., M