“International Seminar Of Digital Business Introduction to Business and Financial Data”.

  • 13 Oktober 2022
  • 04:55 WITA
  • Administrator
  • Berita

Program Studi Manajemen Fakultas EKonomi Dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar sukses melaksanakan acara Seminar Internasional yang bertemakan “International Seminar Of Digital Business Introduction to Business and Financial Data”. Kegiatan ini dilaksanakan pada Kamis (13 Oktober 2022) di Aula Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Alauddin Makassar.

Dalam pelaksanaannya  Program Studi Manajemen menghadirkan tiga narasumber yang kompatibel di bidangnya masing-masing yakni, Arif Perdana , Ph.d (Dosen Monash University, Australia), Dr. Elia Ardyan, SE.,M.BA. (dosen Universitas Cipura Surabaya , Indonesia ), dan Dr. Alim  Syariati, SE.,M.Si. (Dosen Program Studi Manajemen  FEBI UIN Alauddin Makassar, Indonesia).

Ketua Program Studi Manajemen ibu Dr. Hj. Rika Dwi Ayu Parmitasari, M.Comm. dalam sambutannya menyampaikan  bahwa dengan seminar ini kita bisa tercerahkan bagaimana  membangun bisnis dengan memanfaatkan sumberdaya yang berbasis digitalisasi yang ada.

Seminar Internasional ini dimoderatori Oleh Eka Suhartini, S.E.,M.M. yang merupakan dosen prodi Manajemen.

Narasumber pertama Arif Perdana , Ph.D. banyak berbicara tentang Analysing and Managing Business Data for Actionable Insight. Beliau menjelaskan dalam menjalankan bisnis tidak hanya mengandalkan intuisi namun harus berbasis data sebagai acuan. Di antara fungsi data bisa menjadi predictive analytics dengan melihat data-data penjualan di masa lalu, jika penjualan di masa lalu kurang optimal bisa menjadi acuan perbaikan di masa sekarng ataupun akan datang. Perlu kita memahami data  lewat analisis dan pengolaan data untuk solving Business problems karena tidak ada data yang bersih, olehnya perlu dianalisis terlebih dahulu. Tutur  Dosen Universitas Monash Australia ini.

Narasumber kedua Dr. Elia Ardyan, SE.,M.BA Dosen sekligus Ketua prodi di Universitas  Ciputra Surabaya berbicara terkait Inovasi. Inovasi ada dua hal menurut beliu. pertama harus ada produk baru atau hal-hal baru . kedua cara lama tetapi ada hal-hal baru yang dimasukkan di dalamnya. Mampu menciptakan produk baru atau memodifikasi produk lama dalam hal bisnis dalam pemisalan beliau. Usaha tidak menghianati hasil jagan ragu dalam berinovasi dalam ungkapan orang yang berkali-kali gagal dalam berbisnis hingga bangkit kembali mendulang sukses dalam berbisnis tersebut.

Sebiji dua biji, sebaris dua baris, selembar dua lembar semoga ada manfaatnya pertemuan ini. Mengawali pemaparan Pemateri  Dr. Alim Syariati, SE.,M.Si. Lanjut sekertaris Prodi Manajemen ini menampilkan data dunia  bahwa 90% potensi kegagalan orang dalam berbisnis. namun tidak   perlu kekhawatiran menggerogoti dalam menjalankan usaha sebab tuntutan kebutahan hidup. tetaplah melangkah namun jagan sampai salah langka, pastikan melangkah di tempat yang tepat, ucap beliau.

Antusiasme para peserta nampak dalam kegiatan ini. Jumlah peserta yang hadir lebih dari 350 peserta yang terdiri dari dosen, mahasiswa dan umum.

Kegatan ini sebagai penguatan informasi yang mencerahkan terkait bisnis yang berbasis data  dan inovasi dalam membangun maupun pengambagan bisnis .

Penulis                       : Amir, SE., MM

WEB ADMIN              : Akhmad jafar, SE., MM

EDITOR                     : Dr. Ahmad Effendi, SE., MM

WEB DEVELOPER  : Fauziah Bakhtiar, SE., M