Workshop Penguatan Kompetensi konsentrasi Keuangan: Cashflow Budgeting Jurusan Manajemen FEBI UIN alauddin Makassar

  • 22 Juni 2022
  • 03:29 WITA
  • Administrator
  • Berita


Rabu tanggal 15 Juni 2022 telah di adakan seminar konsentrasi manajemen Keuangan: Cashflow Budgeting. Yang dimana acara seminar ini hasil dari kerja sama dari jurusan manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Alauddin Makassar dengan PT Fajar Indonesia Corporindo. Acara ini bertempat di ruang II gedung fakultas FEBI UIN Alauddin Makassar.

            Pada acara ini pula dihadiri lansung salah satu pimpinan PT Fajar Indonesia Corporindo yakni Muh Idris Hamid yang dimana beliau akan menjadi narasumber dalam seminar ini bersama salah satu dosen pengampuh manajemen keuangan yakni Miftha faridh, SE., M.M serta yang menjadi moderator yakni Eka Indriyani, SE., M.M. selaku dosen manajemen keuangan. Dimana acara ini narasumber akan menjelaskan mengenai Cashflow Budgeting.

Dalam pemaparan yang disampaikan oleh kedua narasumber mengenai Cashflow Budgeting. Dalam pemaparan dari pak Miftha menerangkan dari segi teoritis dalam cashflow budgeting dan dari pak Muh Idris menyampaikan melalui kegiatan yang dilakukan dalam perusahaan. Dimana memiliki kesamaan yakni  mengelola suatu bisnis, sebagai pilihan sumber dana dan penggunaannya menjadi hal yang perlu dipertimbangkan. Cash Flow dapat digunakan sebagai salah satu instrument keuangan untuk mendeteksi kesehatan perusahaan disamping alat deteksi kesehatan perusahaan yang lain (mis : analisa rasio keuangan), karena melalui hasil analisa Cash Flow, dapat diketahui apakah perusahaan mendapat profit atau mengalami kerugian. Apabila Cash Flow positif dapat dipastikan perusahaan mendapatkan profit, sebaliknya jika Cash Flow negative sudah dipastikan perusahaan rugi. Perusahaan bisa saja menghasilkan profit, akan tetapi belum tentu memiliki Cash karena banyak faktor “accident” yang bisa saja terjadi.

Setelah pemaparan yang diberikan oleh kedua narasumber pihak moderator memberikan kesempatan bagi peserta untuk bertanya. Pada sesi tanya jawab  banyak dari para peserta begitu antusias dalam bertanya karena banyaknya yang ingin bertanya hanya diberikan 3 penanya saja untuk meringkas pertanyaan semua peserta. Pada akhir dari sesi tanya jawab ini team manajemen meminta untuk sesi foto dengan para narasumber beserta pihak peserta.   

 

Penulis             : S. Widad Ahmad, SE., MM 

WEB ADMIN                        : Akhmad jafar, SE., MM

EDITOR                     : Dr. Ahmad Effendi, SE., MM

WEB DEVELOPER  : Fauziah Bakhtiar, SE., MM