Ketua Prodi Manajemen dan Alumni Program Doktor UNHAS berbagi solusi masalah Pandemi

  • 04 November 2020
  • 10:58 WITA
  • Administrator
  • Berita

Dalam rangka memperingati 25 tahun Program Doktor Ilmu Ekonomi FEB-UNHAS, para alumni dari program tersebut menyelenggarakan kegiatan Sharing Session Alumni Series (SSAS#3) pada hari Rabu, 4 November 2020 pukul 10.00 - 12.00 WITA. Dalam Kegiatan ini, beberapa alumni menjadi pemateri dan moderator yang akan berbagi materi mengenai hal-hal yang dialami dalam bidang mereka masing-masing saat masa pandemi. Kegiatan ini menggunakan aplikasi Zoom.

Acara dimulai dengan Dr. Rika Dwi Ayu Parmitasari, SE.,M.Com. yang merupakan Ketua Prodi Manajemen FEBI UIN Alauddin Makassar, menjadi moderator dari Sharing Session ini. Beliau menyapa para audiens yang telah hadir pada kegiatan webinar ini. Kemudian, beliau memperkenalkan para pemateri. Dimulai dari Dr. Syaiful Anwar, SE., M.Si yang merupakan dekan Fakultas Ekonomi Universitas Borneo Tarakan, Kalimantan Tenggara. Kemudian, beliau memperkenalkan Dr. Syaiful, SE., M. yang merupakan Manajer Bidang Marketing Telkom Jakarta. Selanjutnya, beliau memperkenalkan Dr. Antong, SE., M.Si yang merupakan Wakil Dekan Bidang Akademik Universitas Muhammadiyah Palopo. Mereka merupakan Alumni dari Program Doktor Ilmu Ekonomi FEB-UNHAS.

Selanjutnya Pemateri pertama yakni Dr. Syaiful Anwar, SE., M.Si (Univ Borneo Tarakan)  memaparkan materinya. Beliau memamparkan Perekonomian Daerah di masa Pandemi 19 Menuju New Normal. Beliau menjelaskan situasi perekonomian daerah khususnya Kalimantan Tenggara selama masa pandemi. Beliau menerangkan kondisi yang dihadapi pengusaha pada daerah tersebut dan solusi-solusi yang dalam mengatasi dampak negatif Covid 19 pada Kalimantan Tenggara.

Kemudian sesi selanjutnya diisi oleh Dr. Syaiful, SE., M.Si (Manajer Bidang Marketing Telkom Jakarta). Beliau membawakan materi mengenai peran telekomunikasi dalam pemulihan ekonomi nasional. Beliau awalnya memaparkan kondisi perekonomian Indonesia pada awal pandemi. Kemudian beliau memaparkan solusi-solusi yang dilakukan oleh sektor Telekomunikasi untuk mengatasi masalah yang ditimbulkan oleh panemi. Seperti dalam bidang Pendidikan, Pemerintahan, bidang Sosial, dan solusi-solusi lainnya.

Kemudian pemateri ketiga, yakni Dr. Antong, SE., M.Si (Univ. Muhammadiyah Palopo). Beliau membawakan materi tentang Redesain Sistem Penganggaran. Materi yang dibawakan adalah Sistem Penganggaran Pemerintah untuk tahun 2021. Baliau memaparkan permasalahan yang dihadapi pemerintah dalam penganggaran tahun 2020.  Beliau menyarankan perancangan ulang dari sistem penganggaran pemerintahan untuk beradaptasi pada tantangan perekonomian daerah pada tahun 2021. 

Penulis: Zandy Pratama

Admin: Wahyudi, A.Md., S.E., M.M.